Air Laut?


 Teman-teman dan saudara-saudara sekalian, pasti tau yang namanya laut bukan? Ya tentu kalian mengetahuinya. Laut merupakan bagian dari permukaan bumi yang airnya memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga air laut rasanya asin. Permukaan bumi yang luasnya diperkirakan mencapai 510 juta km persegi, ternyata hampir dua pertiga bagiannya (71%) tertutup oleh laut dan hanya sepertiganya saja yang berupa daratan. Ternyata begitu luas lautan di bumi ini. Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang sangat banyak dan menempati wilayah berupa cekungan yang sangat luas. Laut membagi daratan atas benua-benua dan pulau-pulau. Wilayah laut yang sangat luas dan dalam di sebut lautan atau samudra.
      Laut, lautan, atau samudra memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup di Bumi. Keberadaannya sangat mempengaruhi keadaannya cuaca dan iklim. Hujan yang turun di permukaan Bumi berawal dari peristiwa penguapan air laut.
Ilmu yang mempelajari dan melakukan eksplorasi tentang laut beserta fenomenanya disebut oseanografi.

     Secara umum oseanografi dapat dikelompokkan ke dalam empat bidang kajian, yaitu sebagai berikut ini.

1.   Geologi oseanografi yaitu mengkaji dasar samudera atau lapisan litosfer yang terdapat di bawah laut.
2.   Fisika oseanografi yaitu mengkaji sifat-sifat fisik laut, antaran lain arus, gelombang, pasang surut, dan temperatur air laut.
3.    Kimia oseanografi yaitu mengkaji sifat-sifat kimia air laut.
4.    Biologi oseanografi yaitu mengkaji flora dan fauna yang terdapat di laut.
SHARE

IPS Famous

ANJAYYYYYYY!!.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar